Fashion & Musik

Gimana Ya Sejarah Hari Pelanggan Nasional? Cek di Sini Yuk!

4 September 2024
Oleh FWD Insurance

Tahukah Passionate People, Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) diperingati setiap tanggal 4 September, lho? Perayaan ini dijadikan sebagai bentuk apresiasi serta pengingat supaya selalu memberikan pelayanan terbaik pada para pelanggan—khususnya perusahaan-perusahan yang bergerak di bidang jasa maupun e-commerce.

Selain itu, Hari Pelanggan Nasional juga diperingati sebagai momen mempererat hubungan antara perusahaan dengan pelanggan, memberikan penghargaan pada para pelanggan setia, serta mendengarkan review dari para pelanggan. Lalu, gimana ya sejarah terciptanya Hari Pelanggan Nasional? Simak di sini, yuk!

Awal Mula Tercipta Hari Pelanggan Nasional

Melansir dari Wikipedia, Hari Pelanggan Nasional tercipta karena ide dari seorang pengusaha asal Solo bernama Handi Irawan D. Ide yang tercetus pada tahun 2003 ini didukung penuh oleh berbagai pihak, mulai dari pemerintah, swasta, BUMN, dan lainnya. Mulanya, perayaan ini dicetuskan untuk melindungi hak-hak pelanggan.

Namun, seiring waktu, perayaan ini tidak hanya sekadar melindungi hak dari pelanggan saja, melainkan juga momentum dalam membentuk budaya pelayanan sekaligus supaya perusahaan memiliki orientasi pada pelanggan. Nah, karena didukung berbagai pihak, Hari Pelanggan Nasional pun diresmikan Presiden Kelima Indonesia.

Yaitu, Ibu Megawati Soekarnoputri tanggal 4 September 2003. Sekitar 200 jajaran direktur utama dari BUMN dan perusahaan-perusahaan di Indonesia menghadiri acara peresmian Hari Pelanggan Nasional tersebut. Bahkan, menariknya, di awal peresmian Hari Pelanggan Nasional, lebih dari 500 perusahaan merayakannya. 

Pentingnya Hari Pelanggan Nasional

Sebagian dari Passionate People mungkin saja bertanya-tanya, kenapa penting memperingati Hari Pelanggan Nasional? Nah, tujuan utama diperingatinya Hari Pelanggan Nasional adalah supaya perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia lebih memahami keinginan dari pelanggannya.

Beberapa perusahaan tidak menutup kemungkinan merasa sedikit kesusahan untuk mencari tahu apa sebenarnya yang diinginkan pelanggan mereka. Lewat Hari Pelanggan Nasional ini, maka dapat memotivasi perusahaan menciptakan nilai tambah untuk pelanggannya.

Selain itu, perayaan Hari Pelanggan Nasional juga dapat mendukung interaksi yang baik antara pelanggan dan perusahaan, lho. Makanya, sangat penting merayakan Hari Pelanggan Nasional karena tidak hanya bagi pelanggan dan perusahaan namun membawa dampak juga untuk kemajuan negara. 

Perayaan Hari Pelanggan Nasional

Hari Pelanggan Nasional sering kali dirayakan dengan mengadakan berbagai macam promo menarik, bonus, diskon, bahkan bingkisan hadiah dari perusahaan. Banyak pula e-commerce yang mengikuti seremonial dengan memberikan diskon besar-besaran pada pelanggannya sebagai bentuk apresiasi.

Memang, di Hari Pelanggan Nasional ini setiap perusahaan memiliki caranya sendiri dalam memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan. Contohnya saja, sejak diresmikan, Harpelnas jadi momen bagi para perusahaan menawarkan produk mereka pada pelanggan. Bahkan, CEO perusahaan turut terjun ke lapangan melayani pelanggan.

Tahun 2024 ini, tema dari Hari Pelanggan Nasional adalah “AI Membuat Pelayanan Pelanggan Lebih Responsif dan Personal”. Dipilihnya tema ini diharapkan dapat meningkatkan layanan pengalaman sehingga pelanggan jadi lebih responsif, terpersonalisasi, dan menjadi lebih baik.

Bukan cuma itu, implementasi AI untuk layanan pelanggan ini juga diyakini dapat membantu menghadirkan layanan yang lebih cepat dan tentunya sesuai dengan keinginan maupun kebutuhan dari para pelanggan. Dengan ide dan inovasi baru, maka perusahaan-perusahaan dapat memberikan yang terbaik untuk pelanggannya.

Tips Menyambut Hari Pelanggan Nasional

Seperti penjelasan di atas, setiap perusahaan nantinya akan memberikan hadiah maupun promo pada pelanggannya ketika Hari Pelanggan Nasional. Nah, kalau Passionate People punya perusahaan dan berencana ikut serta dalam menyambut Hari Pelanggan Nasional, maka bisa mengikuti beberapa strategi, di antaranya:

Punya pelanggan setia? Berikan diskon khusus!

Dalam rangka menyambut Hari Pelanggan Nasional, maka berikan diskon khusus pada pelanggan setia. Misalnya, memberi potongan harga untuk produk yang disukai pelanggan atau memberikan diskon ongkos kirim ke seluruh wilayah di Indonesia. Tidak cuma senang, pelanggan pun akan melakukan repeat order pada produk yang dijual.

Semakin banyak pelanggan repeat order, tentu produk yang dijual akan cepat habis. Tidak cuma itu, keuntungan yang didapatkan pun akan semakin bertambah. Makanya, supaya lebih menarik minat pelanggan, sebaiknya beri diskon pada mereka.

Giveaway dan kontes di media sosial? Bisa diadakan!

Supaya dapat meningkatkan brand awareness dan bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan, maka mengadakan giveaway maupun kontes di media sosial bisa dijadikan pilihan. Passionate People bisa mengadakan kontes foto, di mana pelanggan mengupload foto pengalaman mereka memakai produk yang dijual, tag akun bisnis Passionate People, dan berikan tagar. Kalau menang, mereka bisa mendapatkan hadiah menarik.

Atau, mengadakan giveaway dengan memberikan pertanyaan seputar produk dan nanti ada hadiahnya. Kalau pelanggan mau menjawab, maka bisa follow terlebih dahulu akun media sosial Passionate People dan kemudian tag tiga orang lainnya. Jika menang, maka berikan hadiah yang sebelumnya tertera ketika giveaway dimulai.

Mau produk cepat terjual? Adakan flash sale!

Mengadakan flash sale supaya produk yang Passionate People jual laris manis. Sesuai namanya, flash sale sendiri diartikan sistem penjualan di e-commerce, di mana konsep berjualannya memberikan diskon besar-besaran dalam waktu tertentu. Sebagai contoh, produk A dijual lebih murah dari harga asli, tapi batas pembeliannya hanya sampai besok.

Kalau waktunya berakhir, maka harganya kembali ke awal. Biasanya, banyak pelanggan tertarik untuk membeli produk ketika flash sale seperti ini. Jadinya, Passionate People sama-sama diuntungkan. Bagi pelanggan mereka dapat membeli produk berharga murah, sementara Passionate People diuntungkan karena banyak yang membeli produk tersebut.

Demikian ulasan singkat mengenai sejarah dari Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) dan juga tema Harpelnas tahun ini. Gimana, sudah siap menyambut Harpelnas? Dapatkan diskon menarik dan flash sale di Hari Pelanggan Nasional dengan mengeceknya di Instagram FWD Insurance Indonesia. Passionate People bisa buka Instagram @fwd_id atau langsung klik link berikut, ya!

Sumber :